Etika Menghubungi Dosen via SMS yang Baik

Pernah SMS dosenmu, dan tidak dibalas?? Telp ga diangkat??

Sebagai seorang Dosen, saya selalu berhubungan dengan mahasiswaku, entah yang mata kuliahnya ane ampu, bimbingan, revisian, curhat, dll dan banyak dari mereka menghubungi via SMS. Namun sayangnya, banyak mahasiswa yang isi SMSnya sangat kurang berkenan atau bahasa yang digunakan sangat kurang pas kalau kita membicarakan itu sms dari mahasiswa ke dosen untuk permasalahan perkuliahan, dan kebanyakan teman dosen mengalami hal yang sama. Banyak sekali yang menyamakan isi SMS untuk teman/pacar dengan SMS untuk dosen, dari cara penulisan sampai bahasa yang digunakan.
Oke,, mungkin sebagian berpendapat supaya terlihat akrab, akrab itu baik, tapi juga harus memperhatikan tata krama dan etika.

Beberapa dari kita (para dosen, termasuk saya), apabila tidak berkenan terhadap SMS itu, kebanyakan TIDAK AKAN DIBALAS. Jadi kalau kalian (mahasiswa) saat mengirim SMS dan ternyata tidak dibalas, jangan langsung menyalahkan kami kalau kami para dosen setiap diSMS ga membalas, tidak bisa dihubungi, dan sebagainya (meskipun mungkin ada yang seperti itu, tapi semoga tidak), lihat dulu cara kalian menghubungi dosenmu, bagaimana sopan santun, tata krama yang kalian pakai, cara kalian menyampaikan keperluan kalian, dll.

Tuuuh,,, dari sisi Dosen, SMS yang kurang baik tidak akan dibalas (mungkin sebagian membalas, tapi kebanyakan tidak), kalau sudah tidak sreg, telp pun kadang juga dosen malas mengangkatnya. Efeknya apa? Mahasiswa sendiri yang rugi, informasi tidak didapat, masalah jadi ga clear, keperluan juga tidak terselesaikan. Dari sudut pandang mahasiswa, katanya dosen tidak bisa dihubungi. Karena itu, di sini ane ingin sharing tentang bagaimana mengirim SMS yang baik kepada dosen kita.

Mungkin tidak semua dosen seperti yang ane bicarakan diatas, tapi beberapa pasti iya. Sekarang kita bahas dahulu kenapa saat kita menghubungi dosen via SMS/Telp, kadang kita tidak dihiraukan.

  1. Beberapa dosen lebih suka di hubungi via telp, tapi ada juga yang lebih suka via SMS. Saat ane ngobrol dengan beberapa dosen, ada dari mereka yang tidak suka berhubungan lewat SMS, dari alasan ngentek2 pulsa, sampai kalau mbalesi tangan kriting, dll. Untuk itu, lebih baik kita menghubunginya lewat telp, tapi masalahnya adalah, kadang kita kalau di telp dari nomor yang tidak kita kenal, tidak akan kita angkat. Untuk itu, kita kembali lagi harus menggunakan SMS. Lha trus bagaimana donk?? Kalau kasus ini terjadi, SMS dulu dosen yang bersangkutan, dengan menggunakan bahasa dan etika yang baik (ini kita bahas nanti bagaimana SMS yang baik), bilang kalau kita pengen telp, kalau dibalas dan beliau bilang iya, baru telp, setelah itu tanyakan, untuk selanjutnya apabila menghubungi via sms atau telp.
  2. Waktu menghubungi. Kapan kita menghubungi Beliau juga sangat menentukan, jangan menghubungi di jam-jam sibuk, karena nanti pasti dihiraukan dahulu, dan kebanyakan akhirnya terlupakan. Jangan menghubungi beliau terlalu pagi, ataupun terlalu malam. Juga jangan gunakan waktu transisi dari siang ke malam, atau malam ke pagi. Gunakan waktu-waktu di mana sekiranya orang longgar untuk membaca dan membalas SMS atau mengangkat telp.
  3. Cara atau Etika kita kurang baik. Etika atau tata krama yang kurang baik akan membuat dosen malas atau bahkan tidak mau membalas sms kita ataupun mengangkat telp kita.
  4. Dosennya Pulsanya Habis :P
Paling tidak itu sebagian dari point-point yang harus kita perhatikan saat menghubungi dosen. Kalau mungkin ada yang kurang silahkan komen atau kirim email, dan akan saya tambahkan. :)

Point yang perlu diperhatikan udah, sekarang kita bahas bagaimana berSMS yang baik kepada dosen kita, cekidooott,,,

1. Gunakan Salam dan Sapa
Selalu gunakan salam yang baik saat memulai sms (ex: Assalamualaikum, Selamat Pagi, Selamat Malam, dll). Dan JANGAN DISINGKAT (ex: Ass (pantatt???), Askum, Mekum, dll ). Ingat, yang kita sms itu dosen, yang posisinya diatas kita. Jangan lupa menyapa, ex: 
  • Assalamualaikum Pak Fajar atau
  • Selamat Pagi Pak Fajar
tapi jangan ditambah-tambahi atau digombali dengan harapan sms kita dabales. ex:
Assalamualaikum Pak Fajar yang Guanteng :*
sangat kurang tepat, meskipun itu sebuah kebenaran, dan semua orang tahu kalau ane Ganteng :P , terutama ibukQ. Gunakan juga kata sapaan yang baik dan sopan terhadap dosen kita, meskipun mungkin akrab, di luar teman, tapi kalau itu urusan kuliah, konteksnya adalah mahasiswa-dosen, jangan sampai sms kyk gni:
  • Assalamualaikum Pak/Mas Broo...
  • Assalamualaikum Mblo...
  • Selamat Pagi Coooyyy,,,

2. Mohon Maaf
Setelah salam, kasih kata maaf. Maaf menunjukkan kerendahan hati kita, menunjukkan kita menghormati beliau. ex:
Assalamualaikum Pak Fajar, Maaf sebelumnya...

3. Perkenalkan diri dengan lengkap dan jelas
Setelah itu, kita WAJIB memperkenalkan diri kita, lengkap di sini bukan berarti nama lengkap sampai nama bapak kita juga, tp lengkap dalam artian siapa diri kita atau posisi kita. ex:
  • Assalamualaikum Pak Fajar, Maaf sebelumnya, ini saya Ahmad Ilham, saya salah satu mahasiswa bapak untuk mata kuliah Data Mining dari kelas 3A pak
  • Selamat Pagi Pak Fajar, maaf sebelumnya, ini saya Joko Sugiharto, salah satu mahasiswa bimbingan bapak

Ada pula beberapa mahasiswa yang menyebutkan namanya, tapi cara ini masih sangat kurang sopan, dan hindari sebisa mungkin cara seperti ini. ex:
.....
.....
.....<isi sms>
(Joko 2B)
Kalau kita memperkenalkan diri dengan baik kan jelas, dosen tahu siapa yang menghubungi, kalau tidak ada nama, kan tidak jelas siapa yang menghubungi, bisa saja orang yang punya niat buruk kan?. Jadi sekali lagi, beri tahu dengan jelas, jangan sampai malah membut dosen harus menerka siapa kita, ex:
  • Assalamualaikum Pak Fajar, maaf sebelumnya, coba tebak, saya siapa?
  • Selamat Pagi Pak Fajar, ini saya Indah, hayoo,, saya dari kelas berapa hayyooo..
dapet kulkas apa gimana itu kalo benar?? (-_-")

4. Utarakan maksud dan tujuan dengan jelas
Setelah hal diatas, masuk ke tujuan kenapa sms beliau, utarakan dengan jelas dan jangan bertele-tele.ex:
Selamat Pagi Pak Fajar, maaf sebelumnya, ini saya Joko Sugiharto, salah satu mahasiswa bimbingan bapak. Saya ingin bimbingan pak, kira-kira kapan saya bisa bertemu dengan bapak? .....
jangan mengirimkan hal-hal yang sekiranya tidak perlu, atau mungkin hal-hal yang ga jelas. ex:
  •  Assalamualaikum Pak Fajar, Maaf sebelumnya, ini saya Ahmad Ilham, saya salah satu mahasiswa bapak untuk mata kuliah Data Mining dari kelas 3A pak. Bapak sudah maem?
  • Selamat Malam Pak Fajar, Maaf sebelumnya, ini saya Indah, saya salah satu mahasiswa bimbingan skripsi bapak. Udah bobok pak? Met malem yaa,, Gud nite n cweat dream ;)
 zzzzz.. iku maksud e opooo... yang ada malah dipentungi ma istrinya itu.

5. Sampaikan terima kasih, dan maaf sekali lagi
setelah hal2 diatas, sampaikan ucapan terima kasih untuk menghargai beliau, juga ucapan maaf karena mungkin mengganggu waktu beliau, ex:
Selamat Pagi Pak Fajar, maaf sebelumnya, ini saya Joko Sugiharto, salah satu mahasiswa bimbingan bapak. Saya ingin bimbingan pak, kira-kira kapan saya bisa bertemu dengan bapak? Terimakasih pak sebelumya, dan maaf apabila mengganggu waktu Bapak
maaf dan terima kasih di akhir bisa dibalik, ini contoh untuk kasus diawal tadi, pas mungkin dosen bbrp ali di telp tidak diangkat, kita sms aja
Selamat Pagi Pak Fajar, maaf sebelumnya, ini saya Joko Sugiharto, salah satu mahasiswa bimbingan bapak. saya tadi yang telp bapak, maaf apabila mengganggu waktunya pak. Ini saya mau menanyakan tentang judul saya pak, kira-kira mungkin saya bisa ngobrol dengan bapak nanti jam berapa?. Sekali lagi maaf apa bila mengganggu waktu bapak, dan terima kasih pak sebelumnya.
 setalah itu tunggu reaksi beliau, apa bila menyuruh via sms, email, or telp.
Pemberian ucapan terima kasih adalah senjata yg ampuh dan sopan untuk menutup sms.

6. Gunakan bahasa yang baik, sopan dan santun
di sini maksudnya gunakan kata-kata yang baku, atau yang sesuai dengan etika. Susun kalimat dengan baik sehingga terlihat sopan. jangan sampai kayak gini:
waduch pak
ojo ngono to paaakk..
tambahan dari komen Ery a.k.a Jullev
hindari menanyakan di mana dosen berada dengan kata "Posisi", ex:
Assalamualaikum Pak, Maaf pak posisi di mana?
maka mungkin akan di jawab 7.1234,-112,567 atau mungkin juga "kiper"

7. Gunakan Tata Tulis yang baik
selain bahasa yang baik dan tata cara seperti diatas, tata tulis sangat menentukan, seperti apapun maksud kita, dan struktur penulisan yang kita gunakan, akan tidak berarti kalau kita menulisnya tidak tepat. sebagai contoh, jangan 4L4Y !!!!!! konsonan yg ga penting, sandi huruf angka, jg mumet membacanya
ex:
  • 53l4m4t P49i P4k F4j4r, m44f 53b3lumny4, ini 54y4 Joko 5u9ih4rto, 54l4h 54tu m4h45i5w4 bimbin94n b4p4k. 54y4 t4di y4n9 t3lp b4p4k, m44f 4p4bil4 m3n994n99u w4ktuny4 p4k. Ini 54y4 m4u m3n4ny4k4n t3nt4n9 judul 54y4 p4k, kir4-kir4 mun9kin 54y4 bi54 n9obrol d3n94n b4p4k n4nti j4m b3r4p4?. 53k4li l49i m44f 4p4 bil4 m3n994n99u w4ktu b4p4k, d4n t3rim4 k45ih p4k 53b3lumny4.
  • Oucchh gitcu ya bapagh, trima kachihh bangettzzz yach pak 
Aaaaaaaaaaa........!!!!!!!!
b4h454 4p@ 1tu???? j4n94an 54mp@1 gitcchhu..
tuuhh,, kaann,, nular,, aaarrgghhh,,
(plis deh,, ojok lebay Jar)

hindari singkatan, dah jangan menulis dengan huruf besar semua, karena kesannnya itu diucapkan dengan nada keras/tinggi.

8. Perhatikan Tanda Baca
gunakan tanda baca seperlunya, dan gunakan dengan pas sesuai fungsinya. Jangan sampai kayak salah satu mahasiswa yang pernah sms saya kayak gini
Pak ada di mana!!!!
ni mahasiswa ngajak berantem apa ngajak apa ini..
tanda tanya cukup 1, ga perlu banyak2 kayak gini
Bapak ada di mana???? 
9.  Jangan "memerintah" dosen
memerintah daalam hal ini, seringkali sms mahasiswa itu memerintah dosen, dan itu sangat kurang tepat,misalnya sperti ini:
  • Pak, ini saya masih ngeprint, tunggu yaa...
  • Wah pagi saya nggak bisa e pak, Sore aja ya pak?
Yang butuh siapa??? Kalian yang butuh beliau, bukan beliau yang butuh ente, mau bimbingan pa ga, tugasmu kamu kumpulkan pa ga, dosen ga rugi apa-apa kq. Pernah kasus dulu teman ane sms sperti itu kalau ga salah "Pak ini saya masuh ngeprint, tunggu ya pak". Itu langsung setelah itu sama beliau nggak dianggap, sms ga dibales, di telp juga ga diangkat.

10. Hal diatas digunakan untuk mengawali setiap sesi SMSan
Sesi di sini adalah dalam sekali waktu/keperluan/pembahasan. Dalam artian, apabila kita sudah dibalas, tidak perlu sms dengan posedur seperti itu. Namun tetap gunakan bahasa dan tata tulis yang baik dan santun. Tapi apabila kita menghubungi dengan selang waktu yang lumayan, kita harus memperkenalkan diri lagi.
Karena sering terjadi, misalkan hari ini SMS, lalu 1 minggu setelahnya SMS lagi tanpa memperkenalkan diri, hal ini amat sangat sering terjadi, kami para dosen emangnya akan selalu menyimpan semua kontak yang pernah SMS kami? enggak. Jadinya kita tidak tahu siapa yang sms, karena tak mungkin mengingat semua nomor yang masuk, menyimpan kontaknya juga menuh2in kontak d HP/SmartPhone aja :P.
nb:
Untk beberapa kasus tidak perlu seperti itu juga, karena biasanya kalau untuk mahasiswa bimbingan skripsi atau apa, biasanya kontaknya ma dosen disimpan, karena mungkin merasa akan berhubungan terus untuk waktu yang lumayan lama. Sedangkan kalau untuk mahasiswa yang diampu mata kuliahnya, biasanya tidak disimpan.


11. ........ (ada yang mau nambahi??)

Huaaahh,, capek juga ngetiknya, ni kepala juga dah pusing.
Secara garis besar itu tata cara atau etika sms dosen versi @doseNdeso

Semoga setelah ini banyak mahasiswa yang sms nya jadi jauh lebih baik, sehingga dosen tidak malas membalas smsnya, mahasiswa juga senang karena dosennya juga bisa dan enak dihubungi.

You Change Your Word
You Change Your World
Previous
Next Post »

37 komentar

Write komentar
ery
AUTHOR
24 Februari 2013 pukul 06.11 delete

dan jangan sampai disms dengan cara
"Assalamualaikum pak maaf pak posisi dimana?"
maka akan saya jawab 7.1234,-112.567 atau mungkin juga "Kiper" -_-

Reply
avatar
chipul-aja
AUTHOR
24 Februari 2013 pukul 06.12 delete

wakakhakhakha opo-opo an iki -__-"
injeh pak dosen, siap laksanakan perintah.
(dikirim jam 00:00 WIB)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
24 Februari 2013 pukul 06.15 delete

@Jullev: bener banget Pak, siap ditambahkan itu..
eh aku pernah jadi pelaku n korbanmu lo, ente bales "7.1234,-112.567"
wkwkwkw.....

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
24 Februari 2013 pukul 06.17 delete

@mbahCHippul: wah seng mbalesi Dosen Ngesot itu mbah jam 00.00 (DOsen akper ngesot) hahaha...
yang penting kalo mbah Chippul,, ojo lali coklat e reeekk,,,
hahay

Reply
avatar
ery
AUTHOR
24 Februari 2013 pukul 06.50 delete

wkwkwkkk sorry brow aq bingung lek ditekoni posisi iku hehee kan mendinh dimana itu ldbih pasti hahahaa

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
24 Februari 2013 pukul 06.52 delete

hahahaha,,, iya pak,, bener itu,,
siap laksanakan...
ntr pas ditanya posisi, dijawab 69 malah gawat,, wkwkwk

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
24 Februari 2013 pukul 08.12 delete

Pak sy mau bimbingan tolong jangan pulang dulu, tunggu saya 1 jam lg...
mmmm, something wrong but sometimes it makes me confuse. is it right?

Reply
avatar
24 Februari 2013 pukul 08.15 delete

Mungkin point nomer 7 digunakan apabila dosennya mantan anak gaul dan alay.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
24 Februari 2013 pukul 10.40 delete

@PakDaniel: wah itu keterlaluan kalau nyuruh kayak gt,, hahaha..
Yes, It is! something wrong, but why it makes you confuse sir?

@Ikram: wah ini,, dosen @L4Y vs mahasiswa 4L4Y... wkwkwk,,
itu nanti mungkin bisa masuk untuk mata kuliah keamanan komputer..
dengan alasan isi smsnya dienkripsi... he3

Reply
avatar
Sport Stuff
AUTHOR
24 Februari 2013 pukul 14.45 delete

Setuju Pak .. Saya doakan anda Terkenal :D

Reply
avatar
Ahmad Ilham
AUTHOR
24 Februari 2013 pukul 15.30 delete

Hati2 juga klo nulis sms, soalnya gak bisa dihapus kayak komentar diatas...
Awkwkkwkwk...

btw.. kok sebut2 namaku rekkk.. -______-

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
24 Februari 2013 pukul 15.58 delete

@TyoFfA: weee,,, Amiiinn,,99..9x Terkenal untuk hal yag baik ya,,
ente jg,,

@AhmadIlham: wkwkwkwkw,,, hahaha,,
sori mas beroo,, pas nulis bngung cari contoh nama, eee,, nama Ilham yg mengIlham'i aku, ya udah tak tulis aja,, :p
nama, tempat, cerita yg sama adalah kebetulan, tidak ada unsur kesengajaan :P
nb:
Komennya sudah ane hapus KK..

Reply
avatar
Wahyu
AUTHOR
24 Februari 2013 pukul 17.37 delete

Wkwkwkwkwkwk!
Ngakak benar deh baca postingan ini.

Tapi menurut dosen saya, kalau nulis itu (apapun, apalagi sms) dilarang menulis tandan tanya (?) lebih dari satu. seperti ??
itu tandanya tidak sopan.


Hehehe

Reply
avatar
ery
AUTHOR
24 Februari 2013 pukul 17.42 delete

baru sadar kalo aq reply atau comment pakek HP lebih sering typo maaf yah pak saya janji ndak bakalan saya ulangi :D

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
24 Februari 2013 pukul 18.22 delete

HAHAHAHA postinganmu ini sukseeees buat mataku melek pagi-pagi! YEsss kalo gitu, berarti aku SMS dosennya udah bener. Tapi yo kok nggak lulus lulus ya ( .__.)/||

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
24 Februari 2013 pukul 18.22 delete

@Klebun: wkwkwkw,, Alhamdulillah kalo skalian bisa menghibur,, :D
iya, makanya itu sy kasih kterangan, tanda tanya cukup 1 aja,,
memang kalo kebanyakan kurang sopan Bun, n kebanyakan mahasiswa kebanyakan tanda tanya he3

@Jullev: mentang-mentang HPnya TouchScreen, trus jarinya JempoL semua,, jadinya sering typo deh,, *ups #Kabur :P

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
24 Februari 2013 pukul 18.30 delete

@DiniKopi: Alhamdulillah.. zzz.. ente tidur mlulu kerjaannya DIn,,
(-_-")
SMS udah bener -> ga Lulus2, coba slain dkirimi SMS, kirimi pulsa juga tiap minggunya,, mungkin berhasil! :P
Semangat jg buat SkripSweet nya,,
ane mw beli bukunya Dini kondisi keuangan menipiss.. he3

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
25 Februari 2013 pukul 01.10 delete

Klo ditinggal dibilang dosen sok sibuk/susah ditemui/ga pernah ke kampus/mempersulit mhs/etc... ga ditinggal kerjaan kita yg trabaikan. Hmmmm... palg dgn jabatan itu, lebih membuat bingung lg.

Reply
avatar
Sport Stuff
AUTHOR
25 Februari 2013 pukul 02.44 delete

hahahaaa Aminn Pak .. Angkringan seTan e yo tak Amin.i :D :D

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
25 Februari 2013 pukul 02.55 delete

@PakDaniel: wah itu adeknya buah simalakama pak,, ha3
pilih sana, yg sini teriak-teriak..
pilih sini, yang sana manggil manggil,,
hahaha,,
Semakin banyak yang dipikir,, semakin banyak jg yang ga mau mikir pak,,
he3

@TyoFfA: Amiiiinn..99..9x dana e entek tp..

Reply
avatar
wahyu85
AUTHOR
25 Februari 2013 pukul 20.26 delete

Salam kenal mas Fajar, kayaknya klo urusan sms dari mahasiswa kita ini senasip ya :D

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
25 Februari 2013 pukul 22.50 delete

@Wahyu85: iyaa,, dlu ane kira di kampus ane doank,,, ternyata banyak yg senasib,, hahaha..

Reply
avatar
moriyanto
AUTHOR
3 Maret 2013 pukul 00.25 delete

jar skalian tutorial nelpon dosen

eleng biyen gomblo telpon salah ngomong iki, wkwkwkwkw

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
11 Juni 2013 pukul 22.22 delete

1. maaf pak saya ada keperluan, janjian hari ini diganti lain kali ya pak...
nanti langsung saya demokan saja programnya....pokoknya langsung jadi pak....

2. Maaf pak saya hari ini ijin tidak masuk kuliah dikarenakan ada teman datang ke kost.. harap maklum dan dimengerti...

3. Maaf Pak Hari ini saya tidak bisa mengumpulkan tugas dikarenakan kelupaan kemarin ada acara begadang....
BalasHapus

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
12 Juni 2013 pukul 08.38 delete

4. Maaf pak, saya ga bisa masuk kuliah, soalnya cewek saya ngambeg pak, saya ga boleh berangkat :P

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
4 Desember 2013 pukul 21.51 delete

wah, Bapak Dosen ini asyikk... :D

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
7 Januari 2014 pukul 08.16 delete

point yang kurang ni pak,
# jangan sms pakai syntax bahasa pemrograman :D

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
8 Januari 2014 pukul 00.14 delete

wkwkw,, bener2..
nanti kalo baca harus pake compiler lak'an,,, he3

Reply
avatar
tenia
AUTHOR
15 Mei 2014 pukul 11.59 delete

"maaf bu, kuliah matematika diskrit agar dimajukan besok sore, bisa kan bu?'

dan

"assalamu'alaikum..., info ini mohon diperhatikan, maaf bu, besok jumat berdasarkan kesepakatan bersama, kuliahnya diajukan pagi, terima kasih"

menurut bapak gimana nih, mahasiswa yang begini?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
21 Mei 2014 pukul 19.03 delete

mahasiswaku sms, " pagi gan, ada dikampus ga? "

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
22 Mei 2014 pukul 02.29 delete

Salam kenal...

tambahan, jangan SMS sesudah jam 7 malam

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
22 Mei 2014 pukul 07.10 delete

"info ini mohon diperhatikan,"

hahaha... kq ya ada ya yg kayak gt...

yang kayak gt g sdikit,,, makanya perlu adanya perjanjian di awal perkuliahan,,,

klo sy gt,, jd udah sy kasih tw klo ada sms yg gmn gt,, pasti tidak akan sya balas..

klo yg kyk gt diingetkan,, or klo sy byasanya sy bahas di kelas tp pake bercandaan... he3

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
22 Mei 2014 pukul 07.13 delete

hahahaha...
besoknya pasti sms..
"gan.. besok bimbingan COD d mana?"

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
23 Mei 2014 pukul 15.31 delete

Masukan buat para dosen dong,
Kalo membalas SMS atau menghubungi mahasiswa dengan SMS, minta tolong memperhatikan tanda baca. Kadang dosen tua, sms mblandang terus pak.. mahasiswanya bingung maksud dan cara bacanya, soalnya nggak ada tanda baca apapun. Malah jadi salah persepsi :((

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
10 November 2014 pukul 04.08 delete

hehe agak sedikit ngerasa yang paling terakhir itu, yg kalo sehari sms tapi seminggu kemudian sms tapi ga memperkenalkan diri hehe
terimakasih infonya ya pa dosen :)

Reply
avatar