Pengertian dan Sejarah Matlab #SiMat


#siMat .. Sinauu... Matlaaaaabb...  teng tong teng tongg...

siapa sih yang ga kenal ma Matlab?


oohh.. banyak ternyata...
bagi orang IT yang berkecimpung dalam dunia komputasi pasti kenal ma software yang satu ini, MatLab, software komputasi paling ManTab (setidaknya menurut saya). Tak kenal maka tak sayang, yuk kenalan dulu ma Matlab..


MATLAB merupakan bahasa tingkat tinggi dan lingkungan interaktif yang memungkinkan untuk melakukan tugas-tugas komputasi secara intensif lebih cepat dibandingkan dengan bahasa pemrograman tradisional seperti C, C++, dan Fortran.


Matlab adalah sebuah lingkungan komputasi numerikal dan bahasa pemrograman komputer generasi keempat. Matlab memungkinkan manipulasi matriks, pem-plot-an fungsi dan data, implementasi algoritma, pembuatan antarmuka penggguna, dan pengantarmukaan dengan program dalam bahasa lainnya. Meskipun hanya bernuansa numerik, sebuah toolbox yang menggunakan mesin simbolik MuPAD, memungkinkan akses terhadap kemampuan aljabar komputer. Sebuah paket tambahan, Simulink, menambahkan simulasi grafis multiranah, dan Desain berdasar-Model untuk sistem terlekat dan dinamik

Sejarah Matlab
MATLAB (yang berarti "matrix laboratory") diciptakan pada akhir tahun 1970-an oleh Cleve Moler, yang kemudian menjadi Ketua Departemen Ilmu Komputer di Universitas New Mexico. Ia merancangnya untuk memberikan akses bagi mahasiswa dalam memakai LINPACK dan EISPACK tanpa harus mempelajari Fortran. Karyanya itu segera menyebar ke universitas-universitas lain dan memperoleh sambutan hangat di kalangan komunitas matematika terapan. Jack Little, seorang insinyur, dipertemukan dengan karyanya tersebut selama kunjungan Moler ke Universitas Stanford pada tahun 1983. Menyadari potensi komersialnya, ia bergabung dengan Moler dan Steve Bangert. Mereka menulis ulang MATLAB dalam bahasa pemrograman C, kemudian mendirikan The MathWorks pada tahun 1984 untuk melanjutkan pengembangannya. Pustaka yang ditulis ulang tadi kini dikenal dengan nama JACKPAC. Pada tahun 2000, MATLAB ditulis ulang dengan pemakaian sekumpulan pustaka baru untuk manipulasi matriks, LAPACK.

MATLAB pertama kali diadopsi oleh insinyur rancangan kontrol (yang juga spesialisasi Little), tapi lalu menyebar secara cepat ke berbagai bidang lain. Kini juga digunakan di bidang pendidikan, khususnya dalam pengajaran aljabar linear dan analisis numerik, serta populer di kalangan ilmuwan yang menekuni bidang pengolahan citra.

Matlab banyak digunakan pada :
  • Matematika dan Komputansi
  • Pengembangan dan Algoritma
  • Pemrograman modeling, simulasi, dan pembuatan prototipe
  • Analisa Data , eksplorasi dan visualisasi
  • Analisis numerik dan statistik
  • Pengembangan aplikasi teknik
  • dll
udah cukup ah kenalannya,, ga usah banyak2.. nanti aja di #SiMat selanjutnya kita belajar sekaligus menganal Matlab lebih dalam lagi..

untuk download Matlab versi terbaru, bisa download DI SINI
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar