Nilai Tidak Keluar ??? ini SOP nya doseNdeso..


Menyikapi seringnya mahasiswa yang komplain karena nilainya yang tidak keluar di hasil nilai sementara yang ada di prodi, banyak nilai kosong, karena itu doseNdeso sedikit share tentang sebenarnya bagaiamana sih sistematika atau SOP nya untuk proses nilai dari dosen, ke prodi, dan akhirnya sampai di mahasiswa.

berikut SOP nya digambarkan oleh gambar berikut.
(SOP ini belum, atau bahkan tidak disetujui oleh prodi :P . Ini SOP untuk perkuliahan yang doseNdeso Ampu)



Dari gambar diatas, setelah memproses kegiatan belajar mengajar selama 1 semester, Nilai kelas atau mata kuliah yang diampu oleh seorang dosen akan diserahkan kepada Admin Prodi, yang untuk selanjutnya Admin yang akan menginputkan nilai itu kedalam sistem. Setelah itu, Admin akan mencetak dan yang selanjutnya bisa mahasiswa lihat untuk nilai-nilai yang ada.

Seringkali kita temui kasus dimana nilai mahasiswa yang nilainya kosong atau tidak keluar. Dan kelirunya mahasiswa akan langsung menghubungi dosen pengampu untuk mata kuliah itu. Perhatikan skali lagi gambar diatas, dari sana terlihat bahwa proses berjalannya nilai kurang lebih seperti ini,
Dosen -> Nilai dari Dosen -> Admin -> Admin input data -> Publish -> mahasiswa mengetahui nilainya

Naahhh… jadi kalau ada sesuatu yang mungkin ada yang terlihat salah, jangan langsung lompat dan melihat dari posisi Dosen, harus diurut mundur dulu setelah mahasiswa mengetahui bahwa ternyata ada nilainya yang tidak keluar, konfirmasi dulu ke admin, mungkin memang belum dimasukkan dan supaya dilakukan pengecekan terkait tidak keluarnya nilai, atau bisa juga meminta untuk bisa melihat form atau nilai yang telah diserahkan oleh dosen, Arsip ada di Prodi kq, di sana akan ketahuan, nilainya memang tidak keluar karena kesalahan dosen yang tidak menyetorkan mahasiswa terkait atau tidak, jika ternyata di Dalam nilai yang diserahkan dosen nilai mahasiswa tersebut ada, maka nilai kemungkinan besar belum diinputkan.
Kalau itu terjadi, sudah ga usah bingung, galau, truss salto – salto sambil bilang WOW gt :P
Cukup sabar saja, Admin juga butuh proses untuk penginputan data, karena terbatasnya jumlah dan tenaga admin, dan banyaknya data nilai mahasiswa yang harus ditangani.

Paling tidak itu gambaran kasar untuk proses apabila kalian mengalami kejadian nilai kalian tidak muncul saat melihat list nilai yang ada di prodi. Meskipun kadang masalah memang ada di pihak dosen, mungkin beliau lupa, ada beberapa nama yang keselip, atau yg lebih parah memang nilainya belum dikumpulkan.

Jadi yang harus dilakukan saat nilai tidak keluar:
  1. 1Konfirmasi ke Admin Prode terkait masalah tersebut, mohon penjelasan apakah mungkin memang belum diinputkan atau apa.
  2. Jika blm jelas, minta lihat data yang ada di computer TU terkait data nilai.
  3. Kurang puas?? Masih belum ada keterangan yang jelas?? Minta perlihatkan kertas yang disetorkan oleh dosen untuk mata kuliah terkait, lihat di sana, apakah nilai ente emang tidak ada. Jika ada, masalah ada di penginputan data, jika tidak ada maka masalah ada di pihak Dosennya.
  4. Jika masalah memang sudah jelas dari pihak Dosen, baru silahkan konfirmasi ke beliaunya

Jadi tolong perhatikan alur yang supaya kita sama – sama enak.
Semoga tulisan singkat ini bisa mermanfaat
^_^
Previous
Next Post »